Kamis, 20 Oktober 2011

Fenomena Jejaring Sosial

Jejaring sosial atau social networking didalam pikiran kita mungkin langsung saja tertuju ke twitter, facebook,heello, dll. Ini adalah sebagian social networking yang sedang tren saat ini. Seperti yang kita ketahui social network tidak mengenal usia atau kalangan dari mana pun. Misalnya saja pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran maupun ibu rumahtangga, pengusaha dsb. Akan tetapi pengguna jejaring sosial di dominasi oleh kaum muda. Mereka menggunakan social network tersebut mungkin saja untuk mencari bahan tugas,mencari banyak teman,  informasi ter-update, bahkan ada pula yang menggunakan social network ini untuk mencari jodoh. Social network ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan sosial antar sesama, berbisnis, kampanye politik dan lainnya.
Akan tetapi jejaring sosial dalam dunia maya terjadi dua hal yang berbeda. Yaitu, berdampak negatif terhadap masyarakat misalnya khasus penipuan, saling menjatuhkan satu sama lain dalam hal persaingan, penculikan, dan lainnya. Namun jejaring sosial dunia maya ini juga berdampak positif terhadap masyaraka. Contonya, kita dapat bertukar pendapat antar sesama misalnya, dalam informasi perkembangan yang sedang populer saat ini, kita juga bisa menambah wawasan dalam jejaring sosial tersebut.
Terlepas dari dampak positif dan negatif jejaring sosial dalam dunia maya, munculnya social network ini mampu membuat perubahan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat. Karena sebagian dari masyarakat banyak menghabiskan waktu bersosialnya dilakukan dalam dunia maya.
Tidak dapat dipungkiri juga jejaring sosial hanya sebuah alat yang tergantung siapa pemakainya dan kearah mana mereka menggunakan sosial network tersebut. Tapi sebaiknya semua berjalan sesuai porsinya, dan akan lebih baik jika kita lebih bijak menggunakan teknologi yang semakin berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar