Selasa, 04 Oktober 2011

Pengertian Intrnet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif.
Ditinjau dari segi penulisannya, arti internet terbagi dua, yaitu :
  • Jaringan internet (huruf 'i' kecil sebagai huruf awal) adalah suatu jaringan komputer yang mana komputer-komputer terhubung dapat berkomunikasi walaupun perangkat keras dan perangkat lunaknya berlainan (sering kali disebut juga internet-working)
  • Jaringan Internet (huruf 'I' besar sebagai huruf awal) adalah jaringan dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri dari jutaan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol yang digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
Penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status ekonomi, idiologi dan faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat komunikasi dan pertukaran informasi di dunia nyata. Dengan alasan inilah, sebagian orang menyebut internet sebagai revolusi di bidang teknologi dan informasi.



Fasilitas apa sajakah yang ada di internet ?
Fasilitas-fasilitas yang dapat kita manfaatkan dengan menggunakan interniet,misalnya :
  • Web
    yaitu, fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa text, animasi, gambar multimedia lainnya yang saling berhubungan satu sama lain. Untuk lebih mempermudah membaca data dan mencari informasi tersebut anda dapat menggunakan web browser seperti Internet Explorer maupun Netscape.
  • FTP (File Transfer Protocol)
    digunakan untuk menghubungkan ke server komputer tertentu dan bisa mendownload file yang anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya dikomputer anda.
  • E-mail (Electronic Mail)
dengan menggunakan fasiltas anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (email) pada atau dari pemakai komputer lain yang telah terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment)
  • Newsgroup
    digunakan untuk mendistribusikan artikel, surat, berita, tanggapan, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang terbuhung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Anda dapat dapat pula melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar